Mandala Dari Sungai Ular adalah film Indonesia aksi laga fantasi dewasa tahun 1987 yang disutradarai oleh Ackyl Anwari. Serial komik Mandala yang ditulis oleh MAN adalah sumber cerita dalam film ini. Setelah sukses film adaptasi pertamanya, Golok Setan (1983), film ini diproduksi oleh Kanta Indah Film dan dibintangi oleh aktor laga terkenal Barry Prima.

 

Dalam perjalanannya, Mandala (Barry Prima) tiba di suatu desa yang dirusak oleh tiga kelompok Kepala Besi yang mencari Laot. Laot berusaha menyelamatkan buku warisan Ki Banta, gurunya yang dicari oleh gerombolan Kepala Besi. Mandala melawan perampok desa dan bertemu dengan Kupra (Syaiful Nazar), yang akan digantung karena dianggap sebagai perampok. Mandala menyelamatkan Kupra, dan keduanya kemudian bercerai.

Tetua desa, Muni Cader, berusaha membalas dendam pada tiga Kepala Besi dengan bantuan Mandala, tetapi Mandala terluka. Dengan setia, kudanya membawanya kembali ke gurunya, yang ternyata juga guru Kupra, juga dikenal sebagai Laot, dan orang yang dipercayai Laot dengan buku warisan guru Laot. Laot membaca buku hingga selesai dan membakarnya sesuai dengan arahan Ki Banta, yang tewas di tangan Kepala Besi. Mandala mengatakan kepada Laot bahwa dia kemudian mencari tiga Kepala Besi. Maya Saputri (Angel D. Memah) dan Nilasari (Etty Nurbaety),yang keduanya menyukai Mandala, membantunya dalam pertarungan ini. Mandala pamit dan melanjutkan perjalanannya setelah berhasil.


Barry Prima sebagai Mandala
Syaiful Nazar berperan sebagai Kupra, dengan alias Laot Muni Cader berperan sebagai Mustikaningpanas
Angel D. Memah berperan sebagai Maya Saputri.
Etty Nurbaety berperan sebagai Nilasari, dan Syamsuri Kaempuan berperan sebagai Ki Banta.